Senin, 22 Agustus 2011

Proyek Lingkar Selatan Dimulai dari Cibolang

Pembangunan jalur Lingkar Selatan Sukabumi tahap pertama mulai dikerjakan, Sabtu (6/8/2011-red) lalu. Pembangunan tersebut dimulai dari Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, yang rencananya sampai Jalan Lingkar Selatan Kecamatan Baros, Kota Sukabumi. Meski sudah mulai dikerjakan, namun rute jalan yang dianggarkan Rp 102 miliar ini yang nantinya akan melintasi kawasan Cibeureum Kota Sukabumi ini diketahui masih bermasalah soal pembebasan lahannya. Konon, masalah pembebasan lahan ini tengah diselidiki Kejaksaan Negeri Sukabumi lantaran pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jawa Barat mengklaim sudah bayar namun warga Cibeureum mengaku belum terima dananya.

Tampak sebuah alat berat sudah bekerja melakukan pembukaan jalur jalan. Pembangunan tahap pertama tersebut mengambil jalur Cibolang dengan alasan pembebasan lahannya sudah selesai. Sementara, untuk jalur Cibeureum masih ada bebarapa lahan yang pembebasannya belum selesai.

Panjang ruas jalan lingsel Cibolang Kabupaten Sukabumi hingga Kecamatan Baros, Kota Sukabumi sudah ditenderkan sekitar 6,9 kilometer. Di sepanjang ruas jalan tersebut akan dibangun pula lima buah jembatan penghubung antar ruas jalan lingsel. Sesuai rencana awal, pembangunan jalan lingsel guna mengurai kemacetan di ruas jalan di perkotaan Sukabumi dan selatan Kabupaten Sukabumi. Konstruksi badan jalan yang akan dibangun satu ruas dua lajur, dengan lebar ruas jalan masing-masing tujuh meter.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa