Senin, 02 Mei 2011

Cara Membuat Print Screen (Copy Tampilan Layar Menjadi Gambar)

Print screen adalah gambar yang diambil dari tampilan layar monitor pada saat yang diinginkan, misalnya hendak mengambil gambar jendela desktop pada laptop seperti contoh di bawah, yang perlu dilakukan adalah:

1.  Tekan tombol “PrtScr” atau tombol "Print Screen SysRq" pada keyboard (lihat tombol fungsi di bagian paling atas keyboard dari F1-F12, biasanya antara F5, F6, atau F7 bergantung penempatan di keyboard-nya atau pada deretan tombol sebelah kanan berdekatan tombol "Insert" dan "Delete"). Untuk laptop/notebook harus disertai menekan tombol Fn, jika belum berfungsi juga tekan pula tombol "SysRq" (F1).

2.    Klik Start menu, All Programs pilih Accessories lalu pilih Paint.



3.    Setelah keluar jendela Paint, klik edit lalu klik paste (atau tekan Ctrl+V), akan keluar tampilan seperti yang kita inginkan tinggal diatur gambar yang mau disimpan apakah satu halaman penuh atau hanya sebagian saja dengan cara dipotong/crop. Caranya klik icon “select” pada jendela paint di sebelah kiri atas layar monitor, lalu klik edit kemudian klik cut (atau tekan Ctrl+X).

4.    Buat halaman baru dengan klik file lalu klik new (atau tekan Ctrl+N), jika ada konfirmasi apakah gambar akan disimpan maka pilih “tidak” (no).

5.     Setelah keluar halaman baru klik edit lalu klik paste (atau tekan Ctrl+V).

6.    Simpan gambar dengan format jpeg, gif, png, atau tiff (dengan klik file lalu save as…) pada direktori yang diinginkan.

7.    Coba lihat hasilnya, buka gambar yang sudah kita simpan tadi dengan ACDsee atau Picture and Fax Viewer. 


Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat bagi agan-agan yang baru belajar komputer, bagi agan-agan yang sudah jago komputer maaf kalau sudah kesasar ke blog ini ;-)



0 komentar:

Poskan Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa