Minggu, 14 Agustus 2011

Pembebasan Tol Bocimi Tuntas 2011

Bakrie Toll Road (BTR) menargetkan pembebasan lahan seluas 5,3 hektare bagi pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi I Ciawi-Cigombong rampung pada tahun 2011. Direktur Utama (Dirut) PT BTR, Harya Mitra Hidayat mengatakan, pembebasan tanah untuk jalan tol Bocimi akan selesai pada medio (pertengahan) 2011. “Untuk pembayaran uang ganti rugi (UGR) tahap II seluas 4,2 hektare senilai Rp 12,1 miliar,” katanya di Jakarta, kemarin.

BTR telah membayarkan UGR tahap I senilai Rp 4,9 miliar dengan total luas lahan 1,1 hektare. Untuk seksi I kebutuhan lahan seluas 165 hektare mencakup kawasan permukiman, persawahan, tanah kebun, lahan peternakan, serta halaman pabrik.

Dia mengatakan, untuk seksi I tidak ada tanah milik PTP (BUMN) maupun Kementerian Kehutanan yang dilewati, sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanaannya. Sikap masyarakat, sangat mendukung dan antusias terhadap rencana pembangunan jalan tol terlihat pada proses pembayaran UGR.

Setelah kesepakatan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) ditandatangani pada tanggal 6 September 2010 lalu, tim pembebasan lahan BTR berkoordinasi dengan Tim Pembebasan Tanah (TPT) dan Panitia Pengadaan Tanah (P2T) telah bergerak cepat. “Hasilnya, terbukti bahwa saat ini kami telah dapat melakukan pembayaran UGR. Ini merupakan langkah awal yang sangat penting.

Seperti yang diketahui bersama, hambatan terbesar dalam suatu pembangunan proyek jalan tol adalah pembebasan lahan,” katanya. Menurut dia, pihaknya telah menurunkan tim guna melakukan pembebasan lahan untuk jalan tol. Tim ini telah membuktikan keberhasilannya pada saat membebaskan lahan tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 kilometer hanya dalam waktu 11 bulan.

Pembangunan jalan tol Bocimi seksi 1 (Ciawi-Cigombong) sepanjang 15,3 km akan dimulai pada tahun 2011. Pelaksanaan konstruksi diperkirakan akan memakan waktu 18 hingga 24 bulan. Pada 2014, ruas tol diprediksi dioperasikan. “Lalulintas Seksi Ciawi-Cigombong merupakan yang terpadat, sehingga kami prioritaskan pembangunannya” tukasnya.


bogor.net  Senin, 27 September 2010 19:15 WIB 
Judul asli : Pembebasan Tol Bocimi Rampung Medio 2011

1 komentar:

ini artikel kapan mas,... dari sumber bogor.net sept 2010,.. dan di kutif agusutus 2011, kejauhan... karena faktanya sampai saat ini pengukuran di wilayah Desa Ciadeg pun belum, baru pendataan pertanian... itupun ada oknum sedang lobi pemilik lahan mau korup dengan minta titip harga 30%....

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa