Minggu, 10 Juli 2011

Kejutan dari Serbia: Novak Djokovic Juara Wimbledon 2011

Kejutan besar kembali hadir di turnamen tenis Wimbledon. Novak Djokovic dari Serbia keluar sebagai juara tunggal putra mengalahkan Rafael Nadal sang juara Prancis Terbuka 2011 asal Spanyol 6-4, 6-1, 1-6, 6-3. Ini merupakan pertama kali Djokovic menjuarai Wimbledon dan juga baru pertama kali masuk ke final kejuaraan tenis yang paling bergengsi di dunia itu.

Mengawali pertandingan, Kedua petenis menampilkan permainan yang sangat prima. Djokovic lebih dulu mendapatkan dua angka di set pertama. Tetapi Nadal kemudian menyamai skor set pertama 2-2. Keduanya terus kejar-mengejar hingga skor 4-4. Djokovic akhirnya mengantungi set pertama dengan skor 6-4.

Di set kedua, Djokovic semakin mempertontonkan permainan yang lebih bagus dan lebih menghibur dengan pengembalian bola yang akurat dan sulit untuk dikembali lagi oleh Nadal. Sedangkan Nadal semakin menurun penampilannya setelah di set kedua Djokovic unggul 3-0 kemudian 3-1 dan akhirnya 6-1.

Di set ketiga, Nadal perlahan mengembalikan kualitasnya dan sebaliknya Djokovic sering melakukan kesalahan. Telihat stamina petenis Serbia itu mulai menurun, yang membuat Nadal mengantungi dua angka dan tiga angka menjadi posisi 3-0, namun dia berhasil mendapatkan satu angka di set ketiga menjadi 3-1 untuk Nadal, dan kemudian berubah menjadi 4-1, 5-1 dan berakhir 6-1.

Di set keempat, Djokovic unggul lebih dulu 1-0 kemudian 2-0. Namun Nadal berusaha manahan gerak maju Djokovic di set kritis ini. Nadal merebut satu angka dan kemudian menambah satu lagi menjadi 2-2. Kedua petenis handal ini kembali kejar-mengejar di set keempat ini. Djokovic mengubah menjadi 3-2 tetapi Nadal mengambil satu angka menjadi 3-3. Djokovic tampak pulih sedikit dari penampilan yang merosot di set ketiga. Dia merebut satu angka menjadi 4-3 dan kemudian menjadi 5-3. Novak Djokovic kemudian mengakhiri pertarungan yang seru ini dengan kedudukan 6-3 untuk kemudian keluar sebagai juara tunggal putra Wimbledon 2011.

Rekam jejak Djokovic selama 2011 ini sangat meyakinkan. Petenis yang berusia 24 tahun tersebut memenangkan 41 pertandingan berturut-turut mulai awal tahun sebelum kalah di tangan Roger Federer di semifinal Prancis Terbuka.

Sebagai juara tunggal putra, Djokovic mendapat hadiah uang sebesar £1,1 juta (Rp15 miliar). Alhasil minggu ini (minggu pertama Juli 2011-red), Djokovic menduduki peringkat teratas dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa