Senin, 30 Mei 2011

Tips Meminimalisasi Dengkuran Saat Tidur

Di posting sebelumnya telah disampaikan mengenai efek mendengkur, kali ini saya mencoba berbagi tips untuk meminimalisasi dengkuran pada saat tidur, agar kualitas tidur kita lebih baik.
  1. Posisikan tubuh miring saat tidur (ternyata selaras dengan sunnah Nabi ya :-)). Jika anda terlentang, maka otot di sekitar lidah akan jatuh ke belakang sehingga akan menghalangi jalur pernapasan. Penghalang inilah yang akan menyebabkan bunyi dengkuran.
  2. Perbaiki pola tidur. Buatlah pola tidur lebih baik dan teratur agar pernafasan kita teratur pula. Ketidak seimbangan kondisi pernafasan kala tidur juga mengakibatkan dengkuran. Biasanya seseorang yang tidak memiliki riwayat mendengkur, namun mengalami lelah dan mengantuk yang sangat juga bisa mendengkur (Nah! jadi punya teman nih...^_^).
  3. Hindari konsumsi obat-obat tertentu. Biasanya beberapa jenis obat pusing, obat flu, obat penenang,  dan bahkan obat tidur, dapat menimbulkan gangguan napas saat tidur.
  4. Jauhi minuman beralkohol. Alkohol dapat mengakibatkan penekanan pusat napas yang berada di otak, sehingga menyebabkan seseorang mendengkur.
  5. Turunkan berat badan ketika mulai gemuk. Kegemukan dapat menghalangi jalan napas di kala tidur, untuk itu segeralah diet untuk menurunkan berat badan.
  6. Jangan merokok. Sudah kita ketahui bersama, benda yang satu ini sangat merusak kesehatan, termasuk pada pernapasan (sudah kubilang merokok=menganiaya diri).
  7. Operasi amandel. Amandel mudah sekali bengkak dan membesar, masalah ini juga berkontribusi dalam menghalangi saluran pernapasan sehingga menyebabkan dengkuran. Konsultasikan dengan dokter dan jika perlu, lakukan operasi jika amandel membesar.
  8. Budayakan hidup bersih dan sehat. Pola hidup bersih dan sehat akan menghindarkan kita dari virus, bakteri, dan atau jamur penyebab penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas). Penyakit ISPA dapat menyebabkan kita mudah mendengkur karena memang saluran napas kita benar-benar terganggu. Obat-obatan antibiotik biasanya digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini. Poin 8 ini juga mencakup keseluruhan poin 1 sampai 7 di atas.
Demikian...semoga bermanfaat...


Baca juga:
Efek Mendengkur
Fakta-fakta Tentang Mendengkur

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa