Selasa, 26 April 2011

Copa del Rey 2011 (1): Pertempuran Klasik Itu Milik Real Madrid

Setelah menanti selama hampir 20 tahun, Real Madrid akhirnya bisa kembali memenangi turnamen Piala Raja Spanyol alias Copa del Rey. Di final mereka mengalahkan musuh besarnya, Barcelona, dengan skor 1-0. 

Pahlawan kemenangan Madrid pada laga ini adalah Christiano Ronaldo berkat gol semata wayang yang diciptakannya pada babak pertama extra time.

Bertanding di Stadion Mestalla, Kamis, 21 April 2011, dinihari WIB, Real Madrid tampil dengan formasi unik 4-6 tanpa ada satu pun penyerang murni yang terdaftar pada line-up. Strategi tersebut rupanya berhasil sepanjang babak pertama. Rapatnya barisan pertahanan Madrid ditopang oleh serangan balik yang mumpuni mampu merepotkan Barcelona. Terus mendapat  tekanan pada babak pertama, Barcelona bangkit setelah turun minum. Organisasi permainan yang biasa dilakukan para pemain Barcelona mulai terlihat. Pada menit ke-69, Barcelona sebenarnya sempat unggul saat Pedro Rodriguez menaklukkan kiper Iker Casillas. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena sebelumnya, Pedro telah terperangkap off-side.

Enam menit berselang, Pedro kembali mendapat peluang bersih. Menusuk dari sisi kanan pertahanan Madrid, Pedro melepaskan tendangan melengkung yang dengan susah payah berhasil dihalau Casillas. Sembilan menit sebelum waktu normal, giliran Lionel Messi yang mencoba kehebatan Casillas. Dan, kembali kiper timnas Spanyol itu bermain cemerlang menggagalkan peluang Messi. Tidak ada gol yang tercipta sepanjang 90 menit waktu normal.

Pertandingan final pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu 2×15 menit. Masa perpanjangan waktu rupanya menjadi titik balik bagi Real Madrid. Pada menit ke-13 extra time, Ronaldo mampu memanfaatkan umpan silang Angel Di Maria. Gol tersebut jelas disambut meriah seluruh supertor dan tim. Barcelona tak berhenti memberikan tekanan-tekanan berbahaya namun selalu kandas,walau menghadapi permainan terbuka yang dijalankan Real Madrid  sejak perpanjangan waktu. Serangan balik Real pun tak kalah berbahayanya membuat mental kubu lawan semakin tertekan. Madrid sempat bermain dengan 10 orang setelah Di Maria mendapatkan kartu kuning kedua di menit 120. Tapi, hal itu tak berpengaruh banyak. Tak lama kemudian peluit panjang dibunyikan dan Madrid keluar sebagai pemenang.

Ini adalah gelar pertama Jose Mourinho untuk Real dan gelar Copa del Rey ke-18 untuk Real Madrid. Selain itu, kemenangan ini adalah gelar pertama Real di ajang Copa del Rey dalam 18 tahun terakhir. Terakhir El-Real juara pada tahun 1993.

Masih ada dua laga klasik yang bakal disuguhkan dua rival abadi tersebut. Kali ini akan  terjadi di semifinal Liga Champions (home and away). Pada semifinal leg pertama, Madrid akan lebih dulu berlaku sebagai tuan rumah.
Masuknya Jose Mourinho mendampingi Iker Casillas dkk. seperti menjadi angin segar. Kekuatan keduanya terlihat  semakin imbang. Gelar Copa del Rey  tentunya melecut semangat  Madrid untuk tidak kembali dipecundangi rival utama mereka. Pasalnya, laga ini tak sekadar untuk mempertaruhkan nama baik tapi juga sebagai langkah awal perebutan gelar di Eropa. Masing-masing klub berambisi menyabet double winners musim ini. Jika Barca hampir pasti menjadi juara di La Liga, maka lolos ke final akan mempermudah jalan mereka untuk mengawinkan gelar. Sementara Real  justru lebih dulu mengunci satu gelar Copa del Rey. Kita tunggu apa yang akan terjadi di Santiago Bernabeu, Kamis (28/4/2011), akankah Barca kembali akan digilas Real Madrid?

Berikut Rekor Pertemuan Barcelona Vs Real Madrid 2007-2011
Copa del Rey 20 April 2011 Barcelona 0 - 1 Real Madrid
La Liga 6 April 2011 Real Madrid 1 - 1 Barcelona
La Liga 29 November 2010 Barcelona 5 - 0 Real Madrid
La Liga 10 April 2010 Real Madrid 0 - 2 Barcelona
La Liga 29 November 2009 Barcelona 1 - 0 Real Madrid
La Liga 02 Mei 2009 Real Madrid 2 - 6 Barcelona
La Liga 13 Desember 2008 Barcelona 2 - 0 Real Madrid
La Liga 07 Mei 2008 Real Madrid 4 - 1 Barcelona
La Liga 23 Desember 2007 Barcelona 0 - 1 Real Madrid


Baca juga:
Kebanggaan yang Terlindas Bus

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa