Senin, 28 Februari 2011

Bebaskan Indonesia dari Narkoba

Dengan tertangkapnya drummer grup band papan atas Padi yang juga mantan suami penyanyi Rossa, kian menambah deretan panjang daftar artis yang tersandung kasus narkoba (dalam bentuk penyalahgunaan), kita (masyarakat-red) pun bertanya-tanya sudah separah itukah kehidupan para artis Indonesia dari segi moral? Siapa lagi yang akan menyusul?

Ya tentu saja bukan hanya para artis yang selalu terseret kasus barang haram ini. Pengguna narkoba sudah sangat meluas di segala lapisan masyarakat. Tanpa pandang bulu, dari anak-anak Sekolah Dasar sampai orang tua, laki-laki atau pun perempuan, swasta maupun PNS, rakyat jelata sampai pejabat pemerintah, anggota ormas, orpol sampai anggota DPR, bahkan sampai masyarakat di desa-desa terpencil.

Mungkin karena mereka popular dan banyak fans membuat kabar artis yang tertangkap karena penyalahgunaan narkoba menjadi demikian besar gaungnya.
Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), sudah hampir 5 juta warga Indonesia menjadi pemakai, dan 1,5 juta (+/- 35%) diantaranya adalah warga Jakarta. 
  
Kompleksitas permasalahan penggunaan, peredaran gelap narkoba, dan seriusnya ancaman bahaya terhadap berbagai aspek kehidupan maupun masa depan bangsa, tidak ada jalan lain kecuali mengerahkan semua upaya untuk melawan melalui kegiatan penguatan kelembagaan dan peran masyarakat bidang pencegahan penyalahgunaan narkoba. Program pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba harus dapat ditetapkan sebagai kebijakan publik.

Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia belakangan ini merupakan ancaman nyata yang serius terhadap masa depan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Jika pemerintah, legislatif, aparat penegak hukum, ulama, pemuka agama lainnya, dan instansi terkait bersama-sama masyarakat bertekad memerangi bahaya narkoba secara komprehensif dan terpadu, maka Indonesia akan segera terbebas dari narkoba.



0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa