Sabtu, 19 November 2011

Logo dan Maskot SEA GAMES XXVI

Logo dan Maskot SEA Games XXVI sudah ditentukan sejak awal tahun 2011 kemarin,  namun tidak diketahui pasti siapa yang mendesain logo dan maskot tersebut, logo SEA Games diluncurkan pada 15 Januari 2011 bersamaan dengan pembukaan Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia. Dalam acara tersebut Komite Pelaksana SEA Games Indonesia (Inaco) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga itu menyosialisasikan misi Indonesia sebagai tuan rumah. Selain itu panitia juga meluncurkan situs resmi mereka yang bisa anda akses di alamat www.seag2011.com.

Selanjutnya mari kita mengenal lebih dekat Logo dan Maskot SEA Games 2011 yang tengah digelar sejak 11 November 2011 hingga 22 November 2011 nanti di dua kota besar Jakarta dan Palembang (plus beberapa kota kecil Karawang, Bogor, dan Depok untuk beberapa venues). Logo SEA Games 2011 mengambil tema Burung Garuda dan untuk Maskot SEA Games 2011 menggunakan hewan yang tengah menjadi perhatian seluruh dunia yaitu Komodo dengan nama Modo dan Modi.



Arti dari Logo SEA Games 2011, sebagai berikut: logo yang digunakan pada SEA Games ini adalah Burung Garuda yang merupakan lambang negara kita. Burung Garuda ini dipilih bukan hanya karena sebagai lambang negara kita tetapi juga dipilih karena Burung ini  secara fisik melambangkan kekuatan dan kepakan sayapnya mempresentasikan kemegahan dan kejayaan. Di samping itu, Burung Garuda juga dikenal karena keindahannya dan terdapat di seluruh dunia. Dimana seperti halnya Indonesia yang sangat terkenal di seluruh dunia karena alam dan budayanya yang beragam. Selain itu, jika kita liat gambar dari logo SEA Games 2011 telihat ada guratan dengan tinta hijau di bagian atas yang berbentuk gunung. Guratan ini sebagai simbol bahwa alam Indonesia di dominasi oleh pegunungan yang indah. Warna hijau yang dipakai pada guratan untuk mempresentasikan bahwa alam Indonesia sangatlah hijau dan subur. Di bagian bawah juga terdapat guratan berwarna biru yang berbentuk seperti aliran air. Guratan ini melambangkan bahwa Indonesia memiliki lautan yang sangat luas dan juga sebagian besar negara Indonesia berbatasan langsung dengan lautan. Pemilihan warna biru di samping melambangkan warna air, warna biru juga dipilih lantaran lautan Indonesia yang luas merupakan lautan yang sangat jernih dan di beberapa bagian lautan telah diakui oleh dunia memiliki air laut terjernih. Warna merah yang berbentuk kepala Garuda, selain mempresentasikan salah satu warna bendera kita,  juga melambangkan keberanian.

Sedangkan tujuan pemilihan Maskot SEA Games 2011 yang berbentuk boneka hewan Komodo yang dinamai Modo dan Modi lantaran hewan ini merupakan hewan endemik Indonesia dan hanya terdapat di wilayah Indonesia yaitu Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Selain itu, komodo juga dipilih lantaran sudah hampir punah, jadi maskot ini dimaksudkan untuk menyadarkan masyarakat dunia untuk melestarikan kadal purba terbesar di dunia ini. Saat ini Taman Nasional Komodo diikut sertakan dalam New7Wonders of Nature yang kini telah berhasil menjadi salah satu dari 7 keajaiban alam dunia tersebut. Modo merupakan nama komodo jantan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia bewarna biru dan memakai selempang dengan motif batik. Modi merupakan komodo betina yang memakai baju tradisional Indonesia yaitu kebaya berwarna merah dan menggunakan sarung batik serta selendang. Penggunaan nama “Modo” juga diambil dari singkatan Komodo dan “Modo-Modi” di ambil dari kata “Pemuda-Pemudi”. Modo-Modi ini memiliki sifat yang pekerja keras, jujur, adil, bersahabat, sportif, dan talk less do more.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa