Senin, 21 November 2011

Bulutangkis Lampaui Target Emas

Indonesia keluar sebagai juara umum pada cabang bulutangkis setelah meraih lima medali emas pada ajang SEA Games XXVI/2011. Setelah meraih satu emas dari beregu putra, tambahan empat emas diperoleh pada nomor perorangan yang menyelesaikan partai final di Istora Senayan, Jakarta Sabtu malam (19/11/11). 

Dua emas yang diraih di partai final sudah dipastikan menjadi milik Indonesia setelah terjadi All Indonesian Final pada nomor ganda putri dan ganda putra. 



Emas ganda putri menjadi milik pasangan muda Anneke Fenya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari setelah menaklukkan Vita Marissa/Nadya Melati dua set langsung 21-19, 21-17. Bagi Anneke/Nitya medali emas ini merupakan catatan prestasi tersendiri, mengingat keikutsertaan mereka di SEA Games 2011 tidak diunggulkan setelah menggantikan posisi pasangan Greysia Polii/Melliana Jauhari batal dikirimkan akibat cedera yang melanda Greysia. Anneke/Nitya juga menjadi satu-satunya partai yang berhasil dimenangkan Indonesia di final beregu putri ketika ditundukkan Thailand 1-3.

Pasangan ganda putra, Bona Septano/Muhammad Ahsan mempersembahkan emas kedua bagi Indonesia setelah berhasil menaklukkan seniornya Markis Kido/Hendra Setiawan 25-23, 21-10. Ini merupakan kemenangan pertama bagi Bona/Ahsan atas seniornya Kido/Hendra yang telah tiga kali meraih medali emas pada ajang SEA Games pada tahun 2005, 2007 dan 2009. Final ganda putra ini menorehkan catatan tersendiri, dimana Bona Septano harus menghadapi kakak kandungnya, yaitu Markis Kido. Tentunya hal ini menciptakan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar Kido dan Bona.



Di tunggal putri, Adriyanti Firdasari gagal mempersembahkan medali emas setelah ditekuk pebulutangkis Singapura, Fu Mingtian lewat pertarungan hidup mati tiga set dengan skor ketat 21-14, 12-21, 20-22. Meski kalah, perjuangan luar biasa Firdasari yang tengah dibekap cedera perut usai melawan Ratchanok di final beregu putri, patut diacungi jempol.

Persembahan emas juga disumbangkan pasangan Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir yang menekuk pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam dua set  langsung 21-7, 21-14. Kemenangan Tantowi/Liliyana mengantar mereka ke podium juara sekaligus menaikkan sang merah putih diiringi Indonesia Raya untuk yang ketiga kalinya. 



Partai tunggal putra yang menjadi laga pamungkas, Simon Santoso mengulang sukses dua tahun lalu ketika merebut emas di Laos. Kali ini dipersembahkan Simon dengan menumbangkan pebulutangkis Thailand, Tanongsak Saensomboonsuk lewat pertarungan tiga set. 

Set pertama Simon dengan mudah menekuk Tanongsak 21-10, namun set kedua Simon yang mudah dengan skor 11-21. Set ketiga Simon dan Tanongsak bersaing ketat merebut poin. Simon yang sempat unggul 17-14 tak berhasil meraih satu poin pun, bahkan tertinggal 17-18. Kembali Simon meraih poin satu demi satu hingga unggul 20-18. Namun satu permainan net Simon yang gagal mengantar Tanongsak memperkecil poin menjadi 20-19 untuk menciptakan deuce. Serve Tanongsak mengecoh Simon dengan memberi bola kedut jatuh ke bidang belakang Simon, namun dengan cepat Simon mengembalikan kok dengan lob backhand jauh ke belakang bidang Tanongsak. Bola lob Simon yang enak menjadi sasaran empuk Tanongsak untuk melakukan smash. Namun sayang smash Tanongsak menghasilkan kok menyangkut di net dan jatuh di bidang sendiri. Kemenangan pun menjadi milik Simon dengan skor 21-19. 



Kegagalan Tanongsak menaklukkan Simon sekaligus menggagalkan perburuan emas Thailand pada nomor perorangan di partai final. Dua wakil Thailand yang tampil di partai final hanya menghasilkan dua perak, sementara Singapura membawa pulang satu emas di tunggal putri. 

Tim bulutangkis Indonesia kali ini berjaya dengan merebut gelar juara umum dengan perolehan 5 emas dari 7 medali emas yang diperebutkan. Pencapaian ini melampau hasil yang dicapai dua tahun lalu di Laos dengan meraih 4 emas pada nomor beregu putra, tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran.



Hasil Pertandingan Babak Final (Sabtu, 19/11/11)
 

Ganda Putri :
 

- Anneke Fenya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari vs Nadya Melati/Vita Marissa 21-19, 21-17 
Ganda Putra : 
- Bona Septano/Mohammad Ahsan vs Markis Kido/Hendra Setiawan 25-23, 21-10 
Tunggal Putri : 
- Fu Mingtian [SIN] vs Adriyanti Firdasari 14-21, 21-12, 22-20 
Ganda Campuran : 
- Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir vs Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam [THA] 21-7, 21-14 
Tunggal Putra : 
- Simon Santoso vs Tanongsak Saensomboonsuk [THA] 21-10, 11-21, 21-19 

Perolehan medali pada cabang bulutangkis :
1.  Indonesia, 5 emas, 4 perak, 2 perunggu
2.  Thailand, 1 emas, 2 perak, 6 perunggu
3.  Singapura, 1 emas, 0 perak, 4 perunggu
4.  Malaysia, 0 emas, 1 perak, 2 perunggu

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa