Minggu, 14 Agustus 2011

Situ Gunung, Wisata Alam yang tepat untuk Berkemah

Situ Gunung terletak di kaki Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, lebih kurang 16 Km sebelah Barat laut kota Sukabumi, dengan luas 120 ha dan ketinggian 850 M dari permukaan laut (dpl).


Situ Gunung bukan merupakan danau alam. Dari berbagai cerita rakyat setempat dan data dari pengelola taman wisata, danau ini ternyata buatan manusia. Konon, pada tahun 1800-an, danau ini dibuat oleh bangsawan Mataram Rangga Jagad Syahadana atau Mbah Jalun (1770-1841). Tokoh ini merupakan buronan penjajah yang akhirnya menetap di kawasan Kasultanan Banten, tepatnya di kaki Gunung Gede Pangrango. Mbah Jalun merasa begitu bahagia ketika istrinya yang berasal dari Kuningan-Cirebon melahirkan seorang anak laki-laki, Rangga Jaka Lulunta. Perasaan bangga, bahagia, dan penuh syukur itu diwujudkannya dengan membangun Situ Gunung.

Telaga Situ Gunung selanjutnya diambil alih oleh Belanda yang kemudian membangun beberapa infrastruktur pada tahun 1850. Di kawasan ini dulu pernah dibangun hotel dengan nama Hotel Situ Gunung.

Kini di Situ Gunung tersedia penginapan yang cukup nyaman dengan fasilitas air panas, AC, bahkan ruang tamu dan gazebo. Apabila memilih berkemah, pengunjung bisa membawa tenda sendiri atau menyewa tenda dari pengelola. Fasilitas mandi cuci kakus juga tersedia di areal perkemahan itu. Tepat sekali untuk anda yang menggemari camping, memilih untuk berwisata di kawasan ini


Jalan berkelok, diantara pohon pinus dan damar mengantar Anda memasuki area danau Situ Gunung, sambil merasakan sejuknya udara gunung, Anda dapat berjalan-jalan mengitari danau, melihat beberapa satwa hutan seperti lutung, monyet, dan satwa lainnya. Disini terdapat pula curug Cimanaracun, yang merupakan sumber air Situ Gunung yang dapat ditempuh lebih kurang 1,5 Km dari situ/danau. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa