Sabtu, 20 Agustus 2011

PT Persib Bandung Bermartabat: Model Klub Sepak Bola Nasional

Sejak berdirinya PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) tahun 2009 lalu, keuangan Persib tidak lagi menggunakan dana hibah dari APBD Kota Bandung. PT PBB menjalankan perusahaannya dengan kekuatan finansial sendiri. Kantor PT PBB berlokasi di Jl. Sulanjana No.17 Bandung.

Sesuai dengan Permendagri No. 22 tahun 2011 mengenai larangan penggunaan dana APBD bagi klub setempat, beberapa klub pun mulai mencari solusi untuk bisa menjalankan roda perusahaan secara profesional. Jika sesuai ketetapan Permendagri tadi, pada 2012 kucuran dana APBD akan berhenti.


Melihat kemandirian Persib, beberapa klub mencoba belajar menjalankan manajemen klubnya seperti yang sudah dilakukan Persib. Contohnya tiga klub asal Kalimantan Timur, Persiba Balikpapan, Persisam Samarinda, dan Mitra Kutai Kartanegara. Intinya mereka ingin lepas dari penggunaan dana APBD setempat, dan ingin mengetahui bagaimana Persib bisa menggaet sponsor serta tantangan apa saja yang dihadapi Persib selama dua tahun terakhir, sehingga PT PBB diundang dalam sebuah seminar manajemen olah raga berbasis lokal di Kota Balikpapan. Bahkan Mitra Kutai Kartanegara akan mendalami langkah stategis Persib dengan melakukan studi banding langsung ke Bandung Juli lalu.

Persib dijadikan model atau contoh klub sepak bola tanah air. Meski dalam dua tahun kemandiriannya belum bisa memenuhi seluruh anggaran kebutuhan klub, Persib sudah menjalankan kaidah-kaidah manajerial sebuah perusahaan. Untuk itu, Persib akan terus melakukan inovasi, misalnya dengan menghasilkan produk-produk yang menarik dan dapat dijual.

Semoga apa yang dilakukan Persib, akan memberi kontribusi yang baik bagi pertumbuhan industri sepak bola tanah air dengan berkembangnya klub-klub yang ada, tentunya disertai dengan dukungan dan dorongan dari Badan Liga Indonesia itu sendiri. Demi kemajuan sepak bola Indonesia.


Sumber : simamaung.com

1 komentar:

hmm....mending ngumpulin bibit muda dan fresh... :D

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa