Senin, 06 Juni 2011

Li Na Penakluk Roland Garros Pertama dari Asia

Li Na mencatatkan sejarah dengan menjadi petenis Asia pertama yang memenangkan Grand Slam setelah mengalahkan juara bertahan Francesca Schiavone di final Prancis Terbuka. Pemain asal China berusia 29 tahun dan berperingkat tujuh dunia itu mengalahkan Schiavone, petenis asal Italia 6-4 7-6. Li Na mendominasi servis dan terus menekan dari garis belakang dan berhasil menang dalam waktu 1 jam 48 menit setelah di set kedua Schiavone melakukan perlawanan sengit. Kedua pemain ini telah bertemu empat kali dengan berbagi angka dua-dua. Schiavone yang menumbangkan Marion Bartoli dari Prancis di semifinal, sedikit lebih diunggulkan karena terakhir bertemu keduanya adalah di Roland Garros tahun lalu ketika ia memenangkan gelar juara.

Sebenarnya Li dikenal pemain yang tidak nyaman bermain di tanah liat sementara Schiavone yang memiliki pukulan topspin bertenaga, servis tajam, dan backhand satu tangannya yang kuat sangat cocok main di tanah liat. Namun, begitu pertandingan digelar apa yang terjadi di lapangan sama sekali berbeda.

Sebelum menjadi juara Prancis Terbuka, petenis Cina pertama yang mencapai final tunggal grand slam pada turnamen lapangan keras Australia Terbuka, Januari lalu (kalah dari Kim Clijsters, petenis Belgia, di final), mengalahkan mantan ratu tenis dari Rusia, Maria Sharapova, 6-4, 7-5 dalam semifinal grand slam lapangan tanah liat itu di Roland Garros, Paris, Kamis 2 Juni 2011.

Dengan prestasinya di dua turnamen besar itu, Li Na menjadi puncak dari pertumbuhan tenis wanita Cina yang fenomenal sejak 2004. Bila di semifinal Australia Terbuka, ia menyingkirkan pemain nomor satu dunia, Caroline Wozniacki, di Roland Garros ia mengakhiri langkah salah satu bintang kesayangan publik tenis yaitu Sharapova.

Menteri Olahraga Cina, Liu Peng, turut menyaksikan penampilan Li Na di Roland Garros Sabtu 4 Juni 2011. Setiap ia bertanding, lapangan utama dibanjiri oleh suporter asal Cina yang mengelu-elukan Li dengan membawa bendera nasional negara mereka dan memakai kostum merah serta kuning.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa