Sabtu, 18 Juni 2011

Langkah-langkah Membuat Tulisan di Blogspot (Blogger)

Sebelum saya menjelaskan tata cara membuat tulisan atau artikel, atau dalam dunia blog dikenal dengan istilah posting, saya beritahukan bahwa posting saya kali ini khusus bagi pemula. Buat teman-teman yang sudah jago boleh membacanya, jika perlu menambahkan seandainya ada yang kurang dari tulisan saya ini.

Pada posting sebelumnya saya telah memuat tata cara membuat blog. Kali ini saya akan menjelaskan langkah-langkah menulis/membuat tulisan di blog, yang merupakan unsur terpenting dalam blog. Tulisan-tulisan ini yang nantinya akan menentukan apakah blog anda menarik bagi banyak pengunjung atau tidak

Berikut langkah-langkah dasar membuat serta menayangkan tulisan pada blogger

1. Login ke www.blogger.com (dengan asumsi anda telah mempunyai akun/terdaftar di blogger), dengan memasukkan alamat e-mail dan sandi yang telah anda daftarkan sebelumnya.

2.   Kemudian anda akan dihadapkan pada dasbor blog anda.
Klik tombol “Entri Baru” yang berwarna biru (atau jika anda memilih blogger berbahasa Inggris klik tombol “New Post”).

3.  Sekarang anda berada di halaman khusus untuk membuat tulisan. Silakan beri judul (Title) dan tulis apa yang ingin anda tulis pada kolom isian kosong, anda bisa membuat tulisan tebal, miring, berwarna, dsb. dengan menggunakan tools yang ada di atas kolom isian. Jika ingin menyertakan foto pada tulisan, klik icon gambar yang ada di dekat icon Link dengan sebelumnya menempatkan cursor di tempat yang diinginkan terdapat foto tersebut.

4.  Buat label pada tulisan anda, label merupakan kategori atau topik tulisan, jika anda menulis artikel yang memiliki topik sama maka anda bisa mamakai label yang sama.

5.   “Preview” atau “Pratinjau” (tombol warna biru) tulisan yang telah anda buat, ini berguna untuk melihat apa saja yang dirasa masih kurang, misalnya posisi tulisan yang belum rapi, foto yang kurang pas, dsb.

6.  Setelah anda yakin tulisan anda sudah betul-betul sempurna menurut anda, maka anda dapat langsung mempublikasikannya dengan klik tombol “Terbitkan Entri” (“Publish Post”) yang berwarna jingga.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa