Jumat, 17 Juni 2011

Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger)

Blog sebenarnya kependekan dari dua kata ‘Web Log’, artinya suatu aplikasi yang memuat tulisan (atau istilah lainnya posting-red) secara berkala dan dapat diakses secara umum oleh pengunjung internet. Posting dapat berupa semacam diary atau pengetahuan umum yang ingin dibagikan seorang blogger kepada khalayak. Blogger adalah sebutan untuk si pengelola, penulis atau pembuat postingan tersebut. Blog tidak jauh berbeda dengan website. Bedanya, website merupakan situs yang menyediakan informasi satu arah bagi pengunjungnya, sedangkan blog menyediakan informasi dua arah, artinya para pengunjung bisa memberikan komentar dan berdiskusi tentang tulisan/postingan atau juga content yang disediakan oleh pengelola blog itu. Perbedaan lainnya, desain website biasanya dibuat sendiri (atau dibantu rekanan programmer-red), sementara desain blog dapat dipilih dari template yang telah disediakan penyedia layanan blog. Istilah lain dari blog adalah CMS (Content Management System).

Saat ini setidaknya ada tiga (3) layanan blog gratis yang sering digunakan oleh para blogger, yaitu blogspot (blogger), wordpress, dan multiply. Kali ini saya hanya akan memberikan panduan cara membuat blog dengan blogspot (blogger), mungkin pada postingan berikutnya akan dipaparkan panduan dengan layanan blog lainnya.

1.  Pertama-tama, anda wajib memiliki akun google. Kenapa harus google? Ya, karena blogspot memang disediakan oleh perusahaan google. Ada yang masih belum paham apa itu akun? (tidak bermaksud nyindir anda kuper ya ;-), cuma mau sharing aja :-p). Akun adalah alamat e-mail yang anda miliki. Bagi anda yang terbiasa berkecimpung di situs jejaring sosial sepeti facebook, twitter, plurk, dan lainnya, pasti mempunyai e-mail, karena untuk mendaftar di jejaring sosial harus menggunakan alamat e-mail. Tapi ingat, untuk membuat blog di blogspot, anda harus punya akun/e-mail google (xxx@gmail.com) bukan akun yang lain (tidak bermaksud promo, tapi memang begitu adanya).

2.  Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan bagaimana membuat akun google (bagi yang belum punya), karena memang mudah sekali. Anda tinggal masuk ke www.google.co.id (ini situs google berbahasa Indonesia, agar lebih mudah dalam mengikuti panduan). Klik menu Gmail di deretan kiri atas tampilan google, lalu klik tombol “Buat akun >>”. Seterusnya akan menjadi sangat mudah jika anda mengikuti panduan dengan seksama.

3.  Jika e-mail sudah disiapkan/tersedia, buka alamat www.blogger.com, sehingga muncul tampilan di bawah ini.
Bagi anda yang pernah membuat blog tinggal ketik alamat e-mail dan password/sandi pada kotak di sebelah kanan tampilan blogspot, lantas klik tombol “Masuk”.
Bagi anda pendatang baru (ciee...ciee...kayak artis...LOL), klik tombol berwarna jingga bertuliskan “Memulai”.

4.  Lalu akan muncul halaman berikut, yaitu halaman pendaftaran menjadi seorang pengelola blog. Isilah semua kotak isian sesuai petunjuk. 
    Pengisian password/kata sandi tidak harus sama dengan password akun google anda, dan minimal terdiri dari delapan (8) karakter. Nama tampilan tidak usah nama lengkap atau nama resmi anda, bisa juga anda tulis nama sapaan atau nama samaran atau nama beken anda. Verifikasi kata ketik sesuai karakter rumit yang anda lihat, pada gambar contoh tampak tulisan “coroseamat”. Jika sudah diisi semua, klik tombol jingga “Lanjutkan” (jangan cari tombol “lebih cepat lebih baik” ya...karena anda tidak akan menemukannya...wkwkwk...)

5.  Setelah muncul halaman seperti di bawah ini, isilah judul blog sesuai keinginan. 
   Pada contoh saya ketik judul “Serbaneka Jamur”. Lalu isi alamat blog yang nantinya akan digunakan pengunjung atau anda sendiri jika ingin mengakses blog anda. Jika alamat blog anda terdiri lebih dari satu kata, pisahkan setiap kata dengan tanda titik (.) atau tanda strip tengah (-), ada baiknya anda membuat alamat blog dengan kata atau kalimat yang tidak rumit dan menggambarkan isi/tema dari blog anda. Pada contoh, saya membuat alamat http://sebanekajamur.blogspot.com. Tulisan “http://” dan “blogspot.com” telah otomatis disediakan, anda hanya tinggal mengisi alamat blog pada kotak kosong. Ada kemungkinan, alamat yang anda tulis telah digunakan orang lain, berarti anda tidak bisa menggunakannya, untuk itu anda perlu mengetahui apakah alamat blog yang anda tulis sudah jadi milik orang lain atau belum. Caranya, klik tautan Cek Ketersediaan, pada gambar di bawah saya tandai dengan lingkaran warna merah. Jika belum dipakai orang lain, akan muncul tulisan warna hijau yang bertuliskan Alamat blog ini tersedia, tapi jika sudah dipakai akan ada petunjuk agar anda mengganti alamat itu. Jika selesai anda klik tombol “Lanjutkan”.

6.  Selanjutnya anda akan dihadapkan pada halaman dimana anda dapat memilih desain template awal blog anda nanti. Template dapat dipilih sesuai keinginan anda, nantinya template ini dapat diubah suaikan menggunakan Perancang Template, tapi sebelum melakukannya, jika anda seorang pemula lebih baik anda menggunakan hal-hal dasar yang sudah ada terlebih dulu secara bertahap, sampai anda benar-benar paham dan mempraktekan langkah di atas dengan lancar. 

    Setelah memilih template yang anda sukai, lalu klik "Lanjutkan", berikutnya 
    anda sudah dapat memulai 'petualangan' anda di dunia blog.

Demikian panduan sederhana membuat blog dengan blogspot. Jika ada yang ingin ditanyakan atau saran, bisa anda utarakan melalui komentar. Terimakasih. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa