Kamis, 16 Juni 2011

Kebanggaan dari Tanah Papua: Persipura Juara LSI 2010/2011

Persipura Jayapura akhirnya keluar sebagai juara Liga Super Indonesia pada musim ini seusai mengalahkan Persisam Samarinda 2-1 di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (8/6/2011-red). Dengan tambahan tiga angka, Persipura mengoleksi 55 poin.Total poin tersebut tidak bisa dikejar oleh Persija Jakarta yang hanya mampu meraih maksimal 54 angka. 

Persipura sempat dipaksa tertinggal lebih dulu karena gol yang diciptakan Fandy Mochtar pada menit ke-22. Setelah tertinggal, Persipura berusaha menciptakan gol balasan. Akhirnya, perjuangan tim besutan Jacksen F Tiago berbuah manis pada menit ke-34. Tendangan bebas Ortizan Salossa bersarang di gawang Persisam yang dikawal Wawan Ferdawan. Skor imbang 1-1 pun bertahan hingga turun minum.
Selepas istirahat, Persipura nyaris membobol gawang Persisam. Pada menit ke-62, Boaz Solossa berhasil melepaskan tembakan keras meskipun mendapatkan pengawalan ketat lawan, namun, tembakan Boaz masih membentur tiang.

Persipura terus menekan tim tuan rumah dan akhirnya, berhasil unggul berkat gol yang diciptakan Titus Bonay pada menit ke-70. Tibo, panggilan akrab Titus, berhasil mengoyak gawang Persisam setelah memaksimalkan bola muntah hasil sepakan keras Boaz yang ditepis Wawan. Gol Tibo tersebut memastikan Persipura memenangi pertandingan ini dengan skor 2-1.
Sebagai ungkapan kegembiraan dan rasa syukur atas suksesnya tim kesayangannya Persipura Jayapura menjadi juara pada kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2011 ini, ribuan warga Kota Jayapura Selasa malam (14/6/2011-red) turun ke jalan-jalan.  

Sambutan atas kali ketiga Persipura menjadi kampiun sepakbola kasta tertinggi di tanah air ini dilakukan dalam bentuk arak-arakan keliling jalan protokol, baik dengan menggunakan kendaraan roda maupun roda empat. Selain itu, ribuan masyarakat juga melakukan long march atau berjalan kaki keliling jalan-jalan utama di Kota Jayapura, seperti yang dilakukan pendukung Persipura dari The Comment Kloofkamp.
Dengan menggunakan berbagai atribut atau perlengkapan seperti drum dan trompet, warga yang terdiri dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa dan para orang tua termasuk ibu-ibu begitu bahagia dengan keberhasilan Persipura.Akibat banyaknya warga yang turun ke jalan-jalan tersebut, hampir di semua sudut kota, terutama jalan protokol Jayapura macet total.

Para suporter Persipura dari club The Comment Kloofkamp akan mengadakan penyambutan yang lebih meriah lagi saat tim Persipura tiba di Jayapura nanti.
Persipura adalah tim yang selama ini telah mampu mengangkat harkat dan martabat orang Papua melalui prestasi olahraga sepakbola, sehingga kemenangan Persipura ini tidak saja menjadi kegembiraan masyarakat Kota Jayapura saja, tapi juga masyarakat seluruh masyarakat di tanah Papua.

Sambutan warga masyarakat atas kembali suksesnya Persipura meraih juara ISL ini juga diwarnai dengan pesta kembang api. Di sejumlah titik seperti di PTC Entrop, Argapura, Hamadi dan APO Jayapura, terlihat berbagai ragam kembang api menghiasi langit sehingga semakin menambah kemeriahan atas berlangsungnya pesta perayaan atas sang juara Persipura. 
Keindahan Kota Jayapura

Jayapura di Malam Hari

Selain membuat warga Jayapura dan tanah Papua, bangga, Persipura juga berhasil memberikan kebanggaan buat seluruh masyarakat Indonesia, berkat lolosnya mereka ke perempat final piala AFC antarklub Asia. Persipura lolos usai mengkandaskan harapan klub sesama Asia Tenggara Song Lam Nghe Am, asal Vietnam dengan skor 3-1 dalam partai yang berlangsung di Vietnam. Namun, peluang Persipura untuk tampil di perempat final Piala AFC terancam gagal jika akhirnya Indonesia terkena sanksi FIFA, Persipura, sebagai klub asal Indonesia,  tidak diperbolehkan tampil di laga internasional. Bagaimana pengurus PSSI, apakah anda semua ‘tega’ dengan lagi-lagi merenggut impian dan harapan jutaan bangsa Indonesia?

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa