Minggu, 17 April 2011

“Chaiyya Chaiyya” Pernah Jadi Soundtrack Film Hollywood


“Chaiyya Chaiyya” adalah sebuah lagu berbahasa Hindi menjadi soundtrack dalam film Dil Se disutradarai oleh Mani Ratnam. Film ini dibintangi Shahrukh Khan, Manisha Koirala, dan Preity Zinta. Meskipun gagal menjadi box office India, namun film ini sukses di luar negeri, menjadi film India pertama yang masuk 10 besar di Inggris box office chart.

Lagu Chaiyya Chaiyya ini merupakan salah satu lagu India paling popular yang sering digunakan untuk memeriahkan acara budaya di negeri itu. Diciptakan oleh AR Rahman liriknya ditulis oleh Zeena Gulzar dan dinyanyikan oleh Sukhwinder Sing dan Sapna Awasthi.

Pada tahun 2003 BBC World Service melakukan jajak pendapat internasional untuk memilih sepuluh lagu yang paling popular sepanjang masa. Ada sekitar 7000 lagu yang dipilih dari seluruh dunia oleh masyarakat di 155 negara. Lagu Chaiyya Chaiyya menempati urutan ke-9 dari tangga Top Ten.

Ternyata lagu Chaiyya Chaiyya berhasil menembus perfilman Hollywood dan menjadi soundtrack pada film "Inside Man". Film yg dibintangi Denzel Washington, Clive Owen, Willem Dafoe, dan Jodie Foster ini dirilis tahun 2006 dikomposeri oleh Terence Blanchard dengan orkestrasi tambahan oleh composer Howard Drossin. Walaupun tidak ditampilkan dalam daftar soundtrack film. Tapi lagu Chaiyya Chaiyya jelas terdengar bahkan diputar sampai dua kali yaitu saat opening credit dan closing credit.

Sedikit berbeda dengan lagu yg ditampilkan sebelumnya, lagu Chaiyya Chaiyya diremix ulang oleh AR Rahman berkolaborasi dengan Panjabi MC dengan menambahkan unsur Rap berbahasa Inggris didalamnya. Mereka menyebutnya sebagai “Chaiyya Chaiyya – Bollywood Joint”.



0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa