Sabtu, 26 Februari 2011

Kontroversi salingsapa.com

Beberapa hari belakangan saya dikejutkan mengenai hadirnya situs jejaring sosial yang menurut banyak sumber adalah asli buatan anak negeri yang merupakan anak SMP yaitu salingsapa.com dan saya sempat dibuat kagum dengan karya tersebut. Apalagi kemarin (Jumat, 25 Feb 2011-red) wajah anak itu, yang ternyata bernama Muhammad Yahya Harlan, muncul di stasiun TVOne dalam acara yang bertajuk Indonesia Gemilang bersama 5 anak jenius lainnya. 

Namun hari ini saya agak kecewa dengan kontroversi yang terjadi belakangan. Pasalnya disinyalir bahwa Yahya mengklaim bahwa situs jejaring sosial yang kini sudah mempunyai ribuan anggota tersebut adalah buatannya sendiri. Padahal, berdasarkan penelitian beberapa pihak,  situs tersebut menggunakan CMS Jcow dan Theme Facebook. CMS Jcow  adalah fasilitas untuk membuat situs sejenis jejaring sosial seperti salingsapa, CyberMoslem, dll. 

Mungkin tidak jadi masalah jika dalam situs salingsapa tersebut dicantumkan tulisan Powered By CMS Jcow sehingga masyarakat tahu kalau situs tersebut bukan karya cipta dirinya. Atau bisa juga Yahya membeli lisensi dari Jcow sehingga hal tersebut sudah menjadi hak miliknya.

Terlepas dengan kontroversi yang saya tulis di atas, ada baiknya seluruh orang dewasa di Indonesia ini tetap mendukung, mengapresiasi, sekalian mengarahkan apa yang dilakukan oleh seorang anak yang masih berusia 13 tahun ini, apalagi dalam situs salingsapa juga banyak fitur yang bermanfaat.

Tidak banyak orang di Indonesia ini yang memiliki minat dan keinginan untuk mencipta hal-hal baru. Jangan sampai kita terjebak dengan menghujankan ribuan pujian (seperti kala kita memuja timnas PSSI di piala AFF yang berakhir kekecewaan) yang nantinya hanya akan menjerumuskan Yahya hingga ia dewasa kelak. Pujilah dan apresiasi dia secara bersahaja. Tak perlu pula kita mencaci maki luar batas yang hanya akan menjatuhkan mentalnya, baiknya kita sama-sama mengarahkan apa kesalahan yang terjadi, bagaimanapun dia masih jauh lebih baik daripada orang dewasa yang hanya “No Action Talk Only”.

Ayo tetap semangat dik…ciptakan kreasi-kreasi baru lainnya dengan kejujuran... 


0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa