Jumat, 30 Desember 2011

Samanta Stosur Rengkuh Grand Slam AS Terbuka 2011

Petenis putri Australia, Samanta Stosur meraih gelar Grand Slam pertamanya setelah dengan mengejutkan mengalahkan favorit juara, Serena Williams, di final Amerika Serikat Terbuka, Minggu (11/09/2011-red).

Stosur yang diunggulkan di posisi kesembilan itu tampil luar biasa saat mengempaskan Serena yang juara tiga kali turnamen dengan 6-2 dan 6-3 dalam waktu satu jam 13 menit.

Kemenangan ini membuat Stosur, 27, menjadi petenis perempuan pertama Australia yang menjuarai AS Terbuka sejak Margaret Court menjadi juara pada 1973.

Petenis asal Queensland itu melaju ke final benar-benar dengan status underdog, karena statistik prestasinya jauh tak berimbang dibandingkan Serena. Sepanjang karirnya, Stosur baru sekali masuk final Grand Slam dibanding Serena yang sudah 13 kali mengecap babak final. Apalagi, sejak babak pertama hingga final, Serena selalu menang tanpa kehilangan satu setpun. Namun, di babak final nampaknya semua statistik dan prestasi fantastis Serena seolah tak berguna di hadapan Stosur yang tampil luar biasa.

Dalam babak final, Stosur mampu mengimbangi kekuatan servis Serena sehingga mengakibatkan Stosur mampu menciptakan dua kali breaking points dalam 31 menit awal pertandingan. Frustrasi karena tampil buruk, Serena membanting raketnya setelah kehilangan satu set. Namun, kemarahan Serena yang lebih besar datang kemudian. Menghadapi kemungkinan breaking point selanjutnya, Serena nampaknya akan menyelamatkan babak itu dengan pukulan forehand andalannya.

Namun, teriakan keras Serena “Ayo!” dinilai wasit Eva Asderaki ke luar sebelum Stosur mengembalikan bola. Sehingga angka sekaligus set itu diberikan untuk sang petenis Australia. Serena sangat marah, dia menatap wasit dengan tajam dan menyemburkan kata-kata pedas kepada Asderaki. Akibat perilakunya itu, wasit langsung memberi peringatan namun di akhir pertandingan Serena masih menunjukkan rasa tidak puasnya kepada wasit.

Kemarahan ini agaknya membawa energi tersendiri untuk Serena, yang sempat menunjukkan permainan terbaiknya. Namun, situasi itu tak bertahan lama. Stosur akhirnya bisa membaca taktik Serena. Dia membuat Serena terus bergerak dan langsung menyerang saat mendapat peluang dan unggul 4-3 sebelum akhirnya menutup game kedua dengan skor 6-3.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa