Kamis, 29 Desember 2011

Catatan dari World Super Series Finals 2011

China akhirnya sukses menggondol 4 gelar pada turnamen World SS Finals 2011 yang babak finalnya berlangsung pada hari Minggu, 18 Desember 2011. Sementara Denmark sukses mencuri gelar di ganda putra kala Mathias/Carsten berhasil menggulung pasangan tuan rumah Chai Biao/Guo Zhendong. Saina Nehwal pemain tunggal putri asal India hampir saja meraih gelar dan sempat tampil memukau di gim pertama saat menjajal Wang Yihan, sayangnya tidak mampu mempertahankan konsistensi pada dua set berikutnya. 


Motivasi yang besar untuk mempertahankan gelar sebagai juara bertahan tahun lalu sukses membawa Mathias/Carsten untuk kembali naik podium pada tahun ini di turnamen yang kali ini berlangsung di China itu. Namun sayangnya nasib berbeda harus dijalani oleh Saina Nehwal yang juga memiliki ambisi besar untuk mengoleksi gelar Super Series perdananya di tahun ini. 


Permainan agresif Saina sejak awal gim pertama langsung membuatnya unggul 8-2 dan 11-5. Meskipun Wang Yihan akhirnya mampu menyamakan kedudukan di angka 14, bola-bola tak terduga Saina juga ikut memiliki andil besar dalam menambah koleksi poin-poin Saina untuk memimpin 17-14 dan 19-16 sebelum menamatkan gim ini, 21-18. 

Performa Saina tiba-tiba menurun di gim kedua ketika Yihan berhasil mendapatkan ritme permainannya dan mendominasi. Unggul dari sisi serangan dan antisipasi bola, Yihan terus memimpin meskipun Saina sempat menyamakan kedudukan di angka 11. Tujuh angka beruntun yang dikumpulkan oleh Yihan menjadi titik balik tunggal nomor satu China tersebut untuk memaksakan rubber gim, 21-13. 

Dominasi Yihan kembali terlihat pada gim ketiga. Meskipun Saina akhirnya mampu tampil berani dalam bermain di depan net, tekanan yang senantiasa di berikan oleh Yihan dan penempatan bola-bola di area Saina yang tak terjaga kembali membuat Yihan unggul 9-3 dan 17-8. Meskipun Saina sempat bangkit dan memperkecil selisih poin 13-18, Yihan yang tak terbendung akhirnya kembali menuai kemenangan, 21-13. 

Kejayaan para srikandi China tidak hanya tersaji di sektor tunggal. Duet Wang Xiaoli/Yu Yang jug sukses mengulang prestasi mereka pada babak penyisihan grup dengan menundukkan wakil Korea, Ha Jung Eun/Kim Min Jung, 21-8, 21-12. 

China sudah lebih dulu memastikan dua gelar di sektor ganda campurna dan tunggal putra setelah dua wakilnya sukses melaju ke babak final. Zhang Nan/Zhao Yunlei akhirnya menjadi yang terbaik dengan mengalahkan kompatriot mereka, Xu Chen/Ma Jin, 21-13, 21-15. Kemenangan yang relatif mudah juga diukir oleh Lin Dan saat menghempas Chen Long, 21-12, 21-16.

Hasil Pertandingan Babak Final 

Ganda Putri 
- Wang Xiaoli/Yu Yang [China] vs Ha Jun Eun/Kim Min Jung [Korea] 21-8, 21-12 

Ganda Campuran : 
- Zhang Nan/Zhao Yunlei [China] vs Xu Chen/Ma Jin [China] 21-13, 21-15 

Ganda Putra 
- Boe Mathias/Mogensen Carsten [Denmark] vs Chai Biao/Guo Zhendong [China] 25-23, 21-7 

Tunggal Putri 
- Wang Yihan [China] vs Nehwal Saina [India] 18-21, 21-13, 21-13 

Tunggal Putra 
- Lin Dan [China] vs Chen Long [China] 21-12, 21-16

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa