Minggu, 24 Juli 2011

Jenis-jenis Gangguan pada Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah, dalam hal ini adalah jantung dan urat-urat darah. Sebenarnya penyakit jantung itu banyak jenisnya, seperti : jantung koroner, tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke, sakit di dada (anginan) dan penyakit jantung rematik. Dengan begitu cara pengobatannya pun berbeda-beda pula.

Mari kita kenali jenis-jenis gangguan pada jantung, agar kita mengetahui perbedaan dengan mengenal gejalanya masing-masing:

1. Penyakit Jantung Koroner
Umumnya orang-orang yang memiliki penyakit jantung kebanyakan menderita penyakit jantung koroner. Penyakit ini menyerang pembuluh darah dan bisa menyebabkan serangan jantung yang diakibatkan pembuluh arteri yang tersumbat sehingga menghambat penyaluran oksigen dan nutrisi ke jantung.

2. Stroke
Stroke terjadi akibat kurangnya aliran darah yang mengalir ke otak. Atau kemungkinan karena terjadi pendarahan diotak. Namun pembuluh darah bukan satu-satunya yang bisa menyebabkan orang terserang penyakti jantung.

3. Gagal Jantung
Gagal Jantung atau Heart Failure merupakan penyakit jantung yang paling menakutkan. Biasanya jantung penderita berdetak tidak normal atau tidak berdetak sebagaimana mestinya.

4. Pericarditis
Adalah penyakit radang yang mengitari lapisan jantung yang umumnya diakibatkan infeksi. Namun gangguan ini jarang terjadi.

5. Irama Jantung Abnormal
Jantung normalnya berdetak 60-100 kali per menit (sekitar 100 ribu hari). Jantung yang berdetak tidak normal disebut arryhytmia atau dysrhythmia. Jantung yang berdetak lambat (di bawah 60 kali/menit) disebut bradyarrhythmias sedang yang cepat (berdetak diatas 100 kali/menit) disebut tachyarrhytmias.

6. Heart Valve Disease
Penyakit ini merupakan dangguan jantung akibat rusaknya katup jantung. Katup jantung ini
berfungsi sebagai pengatur aliran darah yang masuk searah menuju jantung.

7. Cardiomyopathies
Gangguan yang meyerang otot jantung itu sendiri yaitu adanya pembesaran atau pengecilan jantung secara tidak normal atau bahkan menjadi kaku. Sebagai akibatnya jantung bisa menjadi lemah atau jantung memompa secara tidak normal. Tanpa penanganan lebih lanjut bisa berakibat gagal jantung atau juga jantung bisa berdetak tidak normal.

8. Congenitas Heart Disease
Biasanya gangguan ini terjadi pada anak kecil dan disebut juga kelainan pada jantung.
Menurut penelitian, 8-10 anak dari 1.000 kelahiran bisa terserang gangguan ini. Gejala awal biasanya terdeteksi saat kelahiran atau pada masa kanak-kanak.

Penyakit jantung biasanya terjadi akibat gaya hidup, pola makan, dan aktivitas sehari-hari yang kurang sehat yang dijalani penderita.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa