Minggu, 29 Mei 2011

Dari Wulan Ardina hingga Mulan Jameela

Mulan Jameela sebelumnya dikenal dengan nama Mulan Kwok atau Mulan “Ratu” saat bergabung dengan Maia Estianty dalam grup musik Ratu. Mulan masuk menggantikan Pinkan Mambo sebagai vokalis Ratu pada April 2005. Bersama Ratu, nama Mulan berkibar melalui 2 albumnya, Ratu & Friends (2005) dan No. Satu (2006). Namun pada Januari 2007 Mulan memutuskan keluar dari Ratu konon dikarenakan tidak ada kejelasan transparansi keuangan dalam manajemen Ratu.

Hengkang dari Ratu, Mulan bergabung dengan Republik Cinta Management Artist yang dikomandani Ahmad Dhani, suami Maia Estianty. Pada pergantian tahun 2008, namanya pun resmi berubah menjadi Mulan Jameela. Tak hanya itu, Mulan juga mengeluarkan album perdana dengan tembang andalan "Makhluk Tuhan Paling Sexy" dan “Wonder Woman”. Perceraian Maia Estianty dan Ahmad Dhani kerap dikaitkan dengan kehadiran dirinya di antara mantan pasangan suami istri tersebut, ironisnya popularitas Mulan saat ini salah satunya berkat jasa Maia Estianty yang menemukannya saat melakukan pencarian calon vokalis Ratu dari cafe ke cafe.


Namun tak banyak orang tahu, Mulan sebenarnya pernah hadir di blantika musik Indonesia jauh sebelum ia tergabung bersama Ratu. Di tahun 1999, Mulan sempat merilis album dengan lagu andalan berjudul “Aku Tetap Tersenyum” ciptaan Deddy Dores. Di album pertama ini, wanita bernama asli R. Wulansari ini menggunakan nama pendek Wulan, album ini gagal di pasaran. Tahun berikutnya (2000), tanpa rasa ‘kapok’ ia kembali merilis album kedua dengan lagu andalan “Kekal” karya Yonny Dores. Di album ini ia menggunakan nama Wulan Ardina. Sudah dapat ditebak aliran musik yang ia usung dengan menggunakan nama seperti ini. Ya, waktu itu penyanyi kelahiran Garut dan besar di Cimahi ini merupakan orbitan musisi Deddy Dores, lagu yang dibawakannya pun beraliran slow rock ala almh. Nike Ardilla. Nama ‘Ardina’ seperti ingin didekatkan dengan ‘Ardilla’. Entah mengapa di album ini, suara Mulan persis suara Nike, tidak seperti sekarang, mungkin saat itu ia benar-benar ingin mengekor jejak Nike. Lagu “Kekal” ini sebenarnya adalah lagu daur ulang milik penyanyi Malaysia, Ella yang di era ‘90-an sempat melejit. Namun nama Mulan tak terdongkrak juga, bahkan tak terdengar gaungnya sama sekali.


Jadi dalam perjalanannya sebagai artis, Mulan telah 4 kali berganti nama, dan mencapai puncak karir setelah menjadi Mulan Jameela sekarang ini. Karirnya di Ratu telah mengubah segalanya, mulai dari nama, aliran musik, penampilan, hingga suaranya pun berubah total. Nasib baik pun kini hinggap kepadanya. Popularitas dan limpahan materi telah berhasil ia genggam.

Penasaran dengan suara Mulan yang mirip Nike Ardilla? download lagu "Kekal" disini

1 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa