Minggu, 15 Mei 2011

Cara Basmi Virus win32 heur

Sekitar bulan April lalu sepulang mengikuti diklat di Cibinong Kab. Bogor, laptop saya terasa janggal, loading Firefox dan Google Chrome begitu lambat dan muncul kejanggalan-kejanggalan yang biasanya tidak terjadi. Wah...alamat bakal jadi bahan ledekan teman sekantor nih kalau dibawa ke kantor juga percuma karena tidak maksimal bekerjanya..:-(. Antivirus yang tertanam yaitu Smadav mendeteksi virus dengan nama  New Heur.Level 9. Saya coba hapus menggunakan fasilitas Smadav. Sukses... Restart laptop....Ternyata virus itu terdeteksi lagi. Saya mencoba instal antivirus McAffee. Terdeteksi nama virusnya Win32/heur, tanpa pikir banyak saya gunakan McAffee untuk menghapusnya. Kejadian sama terjadi lagi sewaktu saya pakai Smadav. Akhirnya saya pun instal ulang laptop menggunakan Windows XP dengan keyakinan kalau virus akan terbabat habis kalau instal ulang. Tapi apa yang terjadi kemudian? Setelah selesai instal XP kemudian instal software lainnya...sang virus tersebut terdeteksi lagi lewat McAffee. Betapa jengkelnya saya saat itu, lalu saya pun browsing (menggunakan PC) untuk mengetahui ‘profil’ sang virus.

Saya kemudian kumpulkan info-info tentang win32/heur atau New Heur.level 9 atau apapun itu yang ada kata 'heur'-nya. Saya temukan info ternyata virus ini merupakan virus yang cukup baru beredar dan memang sangat bandel. Dia menciptakan file autorun.inf di semua direktori yang kita buka (mau C:, D:, atau yang lainnya), dan file berekstensi .pif. Virus ini juga akan menginfeksi file-file berekstensi .exe. Kabarnya virus ini juga men-disable Registry Editor (regedit) dan Task Manager (Alhamdulillah Regedit dan Task Manager masih bisa dibuka). Saya sudah memakai berbagai antivirus tapi tidak dapat menghapus file autorun.inf. dan file berekstensi .pif itu.

Lalu, saya mendapat petunjuk dari beberapa blogger, sayangnya karena waktu itu panik saya tidak sempat menyimpan nama-nama blog tempat saya mendapat info, saya cuma copy-paste tata caranya (kepada teman-teman blogger saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf ya-red).

Berikut cara menghapus virus tersebut
  • Restart Komputer, masuk Safe Mode.
  • Buka My Computer, lalu Search file autorun.inf, baik di C: maupun di D: lalu buka menggunakan Notepad.
  • Delete semua isi tulisan yang terdapat dalam file-file autorun.inf kemudian save (bukan save as)
  • Kalau perlu hapus semua file autorun.inf itu.
  • Kemudian Search file berekstensi .pif (di C: dan D:) lalu delete semua.
  • Restart komputer.
  • Lakukan scan menggunakan antivirus yang anda miliki, namun sebelum scan, klik kanan pada My Computer kemudian klik Properties-System Restore lalu ceklis/centang Turn off System Restore on all drives lalu OK.
  • Perhatikan! Sekarang virus tidak terdeteksi lagi oleh antivirus manapun menandakan virus sudah tak lagi bersemayam di komputer anda :-D.
Selain cara di atas, anda bisa juga menggunakan sality remover download disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentari walau dengan sedikit kata. Jika ingin menambahkan icon smiley, ketik karakter seperti yang tertera di samping kanan icon yang mewakili perasaan anda.

Artikel Popular

Arsip

detikcom

Peringkat Alexa